Wanita adalah Aurat

 

Dalam sebuah hadits shahih, Nabi ﷺ bersabda,

المرأة عورة وإنها إذا خرجت استشرفها الشيطان، وإنها لا تكون أقرب إلى الله منها فى قعر بيتها

Wanita adalah aurat, dan sungguh jika ia keluar maka syaitan akan ‘menjadikannya indah’. Dan tidaklah wanita itu lebih dekat kepada Rabb-nya daripada keadaannya ketika ia berada dalam rumahnya.” (HR. Ath-Thabrani dan lain-lain, dihasankan oleh Al-Albani).

Maksud kata ( استشرفها الشيطان ) adalah syaitan akan mengangkat pandangan orang kepada wanita tersebut untuk memperdayai wanita itu atau memperdayai orang lain, sehingga salah satunya atau keduanya akan jatuh dalam fitnah.

Berkata ath-Thîbî rahimahullahu menjelaskan makna hadits ini, “Makna yang bisa ditangkap adalah bahwa wanita itu selama dia berada di rumahnya maka syaitan tidak akan menginginkannya dalam hal dirinya atau untuk memperdayai manusia. Namun jika dia keluar, maka syaitan akan menginginkannya dan membuat (orang) memiliki keinginan (terhadapnya), karena wanita adalah tali dan perangkap terbesarnya.” (Faidh al Qadîr Syarh al Jâmi’ ash Shaghîr, VI/266).

muslimah2Sebagian akhawat mengira bahwa hadits ini hanya berlaku untuk wanita yang keluar rumah dengan berhias dan tidak berhijab syar’i. Persangkaan mereka tersebut adalah kekeliruan besar, karena fitnah yang diinginkan syaitan dalam hadits tersebut bukanlah persoalan berhiasnya wanita di hadapan kaum laki-laki namun lebih ke persoalan keluarnya dia dari rumahnya.

Karenanya Syaikh Al-Albani rahimahullahu mengomentari hadits tersebut dengan perkataannya, “Termasuk perkara yang tidak diragukan, bahwa makna kata ‘al-istisyraf’ yang disebutkan mencakup seorang wanita walaupun dia menutup wajahnya. Wanita adalah aurat dalam semua keadaan saat dia keluar.” (Silsilah al Ahâdits ash Shahîhah, hadits no. 2688).

Dengan penjelasan ini semoga para akhawat bisa sadar bahwa berhijabnya mereka diluar rumah pun bisa mendatangkan fitnah, terutama fitnah bagi para ikhwah yang telah mengenal dakwah.

Ada saatnya wanita boleh keluar rumah untuk sebuah hajat yang memang perlu, tapi tujuan kami dari semua ini adalah : JANGAN PERNAH MEMUDAH-MEMUDAHKAN PERSOALAN KELUAR RUMAH, WALAUPUN ATAS NAMA DAKWAH!

Berdiam di rumah adalah sebuah ibadah agung bagi seorang wanita, karena Allah telah memerintahkan hal itu dalam Kitab Sucinya.

Allah Ta’ala berfirman,

وقَرْنَ فى بُيُوْتِكُنَّ وَلا تَبَرّجْنَ تَبَرّجَ الجَاهِلِيّةِ الأوْلىَ

Dan berdiamlah kamu di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu.” (QS. Al-Ahzab ayat 33).

(Sumber bacaan : Hukm Khurûj al Mar-ah li ad Da’wah, Sukainah bintu Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani)

dari : Buletin Al-Fityah

 
Wanita adalah Aurat

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power