Urutan Ayat dan Surat Al-Quran

 

Urutan al-Quran dalam hal tilawah (bacaan) secara berurutan sebagaimana yang tertulis dalam mushaf dan terhafalkan di dada para penghafalnya terbagi kepada tiga bagian,

Pertama, urutan kata/kalimat, dimana setiap kata/kalimat berada pada tempatnya dalam sebuah ayat. Yang seperti ini adalah perkara yang pasti dengan ijma’ dan tidak ada yang menyelisihinya dalam kewajiban urutan kalimatnya dan haramnya menyelisihi urutan tersebut.

Kedua, urutan ayat, dimana sebuah ayat berada pada setiap tempatnya dalam sebuah surat. Yang seperti ini juga telah tetap dan pasti dengan ijma’, dan wajib diikuti menurut pendapat yang kuat dan haram menyelisihinya.

Ketiga, urutan surat, dimana setiap surat berada pada tempatnya masing-masing dalam sebuah mushaf. Perkara ini telah tetap dengan ijtihad dan bukan sebuah kewajiban.

mushafBerkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu, “Boleh membaca surat ini sebelum surat ini, dan demikian pula dalam penulisannya. Karena itu, berbeda-beda mushaf para Shahabat dalam penulisannya. Akan tetapi, ketika mereka telah bersepakat dalam sebuah mushaf di masa Utsman radhiyallahu ‘anhu, perkara ini menjadi sebuah sunnah Khulafa’ Rasyidun, dan hadits telah menunjukkan bahwa mereka memiliki sunnah yang wajib diikuti.”

(Ad-Durr ats-Tsamîn min Syarh Ushûl at-Tafsîr li_bni ‘Utsaimîn)

 
Urutan Ayat dan Surat Al-Quran

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power