Home / Da'wah /

Tauhid adalah Yang Pertama & Utama dalam Dakwah Islam

 

Pertanyaan : Tidak adanya perhatian terhadap tauhid dari sebagian jamaah-jamaah dakwah, apakah hal itu menjadi sebab untuk mewaspadai mereka? Karena mereka mengatakan : “Kami berada di lingkungan yang tidak ada padanya kesyirikan, karenanya urusan ini telah mencukupi kami”!

Dijawab oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu asy-Syaikh hafidzhahullahu, Mufti Agung Kerajaan Saudi Arabia :

Saudara-saudaraku,

Tauhid adalah pinsip terpenting dan pondasi agama ini. Allah telah mengingatkan nabi-Nya tentang tauhid,

Ketahuilah bahwa tiada ilah (yang hak) kecuali Allah.”; walaupun sebenarnya beliau adalah seorang yang menyeru kepada mentauhidkan Allah. Maka, tidak boleh tidak, tetap harus memperingatkan tentang tauhid. Seorang da’i harus menjadikan tauhid fokus perhatiannya dalam semua pembicaraannya, baik sedikit maupun banyak, dan jangan pernah mengabaikan tauhid dari lisan-lisan mereka untuk selamanya.

Sungguh, ketidakpedulian terhadap tauhid akan menjadikannya remeh dalam pandangan manusia, dan yang seperti ini tentu saja keliru. Bahkan sepantasnya, dan bahkan seharusnya bagi para da’i untuk memulaikan dakwahnya dengan tauhid dalam semua keadaan mereka.

Semoga Allah merahmati syaikh kami, Abdul Aziz bin Baz, semoga Allah mengampuninya; sungguh kami telah mendengarnya dalam ceramah-ceramahnya, beliau menjadikan tauhid sebagai kunci dakwahnya, pembicaraan-pembicaraannya dan risalah-risalah yang banyak miliknya. Ceramah-ceramah yang disampaikan, semuanya dalam persoalan tauhid.

Risalahnya, “al-‘Aqîdah as-Salîmah wa ma yudhâdduha” adalah sebuah ceramah yang sangat bernilai yang berisi hampir 100 halaman, ia menyampaikannya dalam sebuah komunitas sastrawan di Makkah, yang saya perkirakan pada tahun (seribu) empat ratus lima atau empat ratus empat (Hijri), dan telah menjadi sebuah risalah yang sangat berharga yang ia sampaikan dalam persoalan tauhid dan ia khususkan ceramahnya dengan pembahasan tersebut.

Bahkan buku-bukunya, semoga Allah merahmatinya, yang kami dengar, kami baca dan kami dengarkan darinya ceramah-ceramahnya, semuanya (adalah) bentuk perhatian kepada tauhid, baik dalam dakwah ataupun pengajaran. Demikianlah akhlak orang-orang yang memiliki ilmu dan keutamaan. Para imam dakwah –rahimahumullahu– pun sangat perhatian dan peduli dengan persoalan tauhid. Selayaknya bagi kita jika melihat kelompok mana saja dari saudara-saudara kita yang malas dalam menyampaikan tauhid, untuk menasehati mereka, saling membantu dan mengarahkan mereka, serta menjelaskan pada mereka bahwa kepedulian terhadap tauhid adalah termasuk perkara-perkara yang sangat mulia.

tauhid3

(Sumber : Situs resmi Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh, www.mufti.af.org.sa)

 
Tauhid adalah Yang Pertama & Utama dalam Dakwah Islam

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power