Tathayyur

 

Assalamualaikum…

Apakah termasuk tathayur jika kita hendak berpergian ke luar kota/safar kemudian anak kita menangis atau istri berfirasat tidak enak sehingga kita membatalkan kepergian kita ?

Terima kasih atas jawabannya.

Hari Susanto – Palu

Jawab :

Wa’alaikumussalam warahmatullah.

Terima kasih telah bertanya pada layanan konsultasi kami.

At-Thathayyur adalah merasa sial dengan sesuatu yang ia lihat atau dengarkan, baik sesuatu itu berupa burung, kata, nama, orang dan lain-lain.

839559cbafff9cContohnya jika seseorang telah berkomitmen untuk melakukan suatu urusan, baik urusan agama ataupun dunia, kemudian dia melihat atau mendengarkan sesuatu yang dibencinya dan hal itu memberikan pengaruh pada dirinya dengan salah satu dari dua perkara; entah dalam bentuk pembatalan apa yang sudah dia niatkan untuk dikerjakan disebabkan oleh apa yang dia lihat atau dengarkan, dan hatinya terpengaruh dengan sesuatu yang tidak disukainya itu hingga akhirnya berpengaruh pada keimanannya, dan menodai tauhid dan tawakkalnya kepada Allah Ta’ala.

Atau, dia tetap melanjutkan apa yang sudah diniatkan untuk dikerjakan, akan tetapi nasih tersisa dalam hatinya sesuatu dari perasaan was-was, kelemahan dan ketakutan.

Yang Saudara tanyakan termasuk dalam perkara yang telah kami sebutkan.

Wajib bagi siapa saja yang mendapatkan perkara seperti itu dalam dirinya untuk melawan perasaan tersebut, memohon pertolongan Allah, bertawakkal kepadaNya dan meneruskan pekerjaannya, serta mengucapkan,

اللهُّمَّ لاَ يأتِي بِالحَسَنَاتِ إلاَّ أنْتَ، وَلاَ يَدْفَعُ السَّيِّئَاتِ إلاَّ أنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إلاَّ بِكَ

Allâhumma lâ ya’tî bi_l_hasanâti illâ Anta, wa lâ yadfa’u_s_sayyi-âti illâ Anta, lâ haula wa lâ quwwata illâ bika.

Ya Allah, tidak ada yang mendatangkan kebaikan-kebaikan kecuali Engkau, dan tidak ada yang menolak keburukan-keburukan kecuali Engkau. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolonganMu.”

Dalam Shahih Muslim disebutkan bahwa seorang Shahabat pernah menyebutkan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tentang kebiasaan sebagian orang di kaumnya yang suka ber-tathayyur, maka beliau bersabda,

ذلك شيئٌ يجدهُ أحدُكم فى نفسِهِ يصُدَّنَّكم

Hal itu adalah sesuatu yang didapatkan salah seorang dari kalian dalam hatinya, yang menghalangi kalian (dari niatnya).”

Semoga Allah mengampuni.

 
Tathayyur

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power