Home /

Sejarah Berdiri dan Manhaj

 

Sejarah Singkat Berdirinya Wahdah Islamiyah

Organisasi ini didirikan pertama kali pada tanggal 18 Juni 1988 dengan nama Yayasan Fathul Mu’in (YFM). Untuk menghindarkan kesan kultus individu terhadap KH. Fathul Mu’in Dg. Mangading (Seorang ulama kharismatik Sulawesi Selatan yang menjadi penasehat para pendiri YFM) dan menjadi lembaga persatuan umat, maka pada tanggal 19 Februari 1998, YFM berubah menjadi Yayasan Wahdah Islamiyah (YWI) yang bermakna “Persatuan Islam”. Pada 25 Mei 2000, nama YWI dirubah menjadi Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI). Karena perkembangan da’wah yang sangat pesat, dalam musyawarah II YPWI tanggal 1 Shafar 1422 (14 April 2002) disepakati untuk mendirikan sebuah Organisasi Massa (Ormas) dengan nama yang sama, Wahdah Islamiyah.

Wahdah Islamiyah adalah organisasi resmi dengan Surat Keterangan Terdaftar dari Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Departemen Dalam Negeri di Jakarta, No. 57/D.III.2/VI/2008.

Manhaj Wahdah Islamiyah

Wahdah Islamiyah adalah sebuah Organisasi Massa Islam yang mendasarkan pemahaman dan amaliahnya pada Al-Quran dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman As-Salaf Ash-Shalih dari kalangan Shahabat, Tabi’in dan orang-orang yang senantiasa mengikuti jalan mereka dengan baik. Mereka itulah –generasi As-Salaf dan para pengikutnya- Al-Firqah An-Najiyah (Golongan yang selamat), Ath-Tha’ifah Al-Manshurah (Kelompok yang menang), dan mereka disifatkan sebagai Ahlus Sunnah wal Jama’ah (Pengikut Sunnah dan Jama’ah).

Sejarah Singkat Berdirinya Wahdah Islamiyah Palu

Cikal bakal Ormas Wahdah Islamiyah Palu dimulai dengan terbentuknya sebuah halaqah/ perkumpulan tarbiyah pada tahun 1996 di bawah Yayasan Fathul Mu’in (YFM) Makassar. Pada tahun 1997, diadakan Daurah Islamiyah pertama dengan jumlah peserta kurang lebih 10 orang dan mendatangkan 2 orang pemateri dari Makassar. Tahun berikutnya, diadakan Daurah kedua dengan lebih dari 20 orang peserta, yang juga diisi oleh ustadz-ustadz YFM Makassar. Pada tahun itu juga, nama YFM dirubah menjadi Yayasan Wahdah Islamiyah (YWI) yang berpusat di Makassar.

Pada tahun 2000, secara resmi dibentuk cabang Yayasan Wahdah Islamiyah Kota Palu. Pada tahun 2002, setelah YWI resmi menjadi Ormas, YWI Kota Palu dikukuhkan sebagai Dewan Pimpinan Cabang Wahdah Islamiyah (DPC-WI) Palu. Dan setelah hampir 10 tahun berjalan, berdasarkan hasil Muktamar II Wahdah Islamiyah pada 20-22 Muharram 1433/17-19 Desember 2011 di Makassar, DPC-WI Palu resmi berubah menjadi Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah (DPD-WI) Palu.

DPD-WI Palu adalah Ormas resmi di Kota Palu dengan Surat Keterangan Terdaftar pada Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Palu, No. 210/77a.15/BKBPL/2012.

 
 
 
 
 
 
knowledge is power