Perayaan Menyambut Maulid Nabawi

 

Kami mengharapkan faedah tentang waktu yang benar berkenaan dengan kelahiran Nabi . Kami telah merencanakan padanya untuk mengadakan musabaqah Quran, menyembelih kambing dan menyampaikan ceramah tentang Nabi dalam kesempatan tersebut. Kami memohon petunjuk jika saja acara ini boleh dalam pandangan syar’i.

Jawab :

Pertama; Nabi ﷺ dilahirkan pada tahun Gajah, bulan Rabi’ul Awwal, sebagaimana yang disebutkan Ibnu Ishaq dan ulama-ulama sejarah dalam buku-buku sirah.

Kedua; Termasuk dalam bid’ah yang terlarang adalah mengadakan perayaan pada malam kelahiran Nabi ﷺ serta mengadakan padanya perlombaan Quran, menyembelih kambing dan menyampaikan ceramah tentang Nabi ﷺ berkenaan dengan kesempatan tersebut. Karena Nabi ﷺ lebih tahu tentang kadar dirinya dan apa yang layak baginya dalam pengagungan dan lebih tahu tentang Syari’at Allah Ta’ala. Tidak ada berita yang sah bahwa beliau merayakan hari lahirnya, tidak pula hari lahir seorang nabi dari saudara-saudaranya terdahulu -shalawat dan salam Allah semoga tercurahkan atas mereka semua-, dan tidak pula kelahiran seorang pun dari sahabat-sahabatnya –radhiyallahu ‘anhum. Telah sah darinya bahwa beliau bersabda,

من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد

Barangsiapa yang mengada-adakan sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kami yang bukan bagian darinya, maka hal itu tertolak.” (HR. al-Bukhary, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad).

Dalam satu riwayat,

من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو رد

Barangsiapa mengamalkan satu amalan yang tidak ada perintah kami padanya, maka hal itu tertolak.” (HR. Muslim dan Ahmad)

Wa bi_Llahi at taufiq.

SAUDI ATTACKS MOOD

Sumber : Al-Lajnah ad-Da’imah li al-Buhuts al-‘Ilmiyyah wa al-Ifta’ (Lembaga Riset Ilmiah & Fatwa) Kerajaan Arab Saudi/www.alifta.net

 
Perayaan Menyambut Maulid Nabawi

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power