Pengumpulan dan Penyaluran Zakat, Infaq dan Sedekah

 

Unit Pengumpul Zakat, Infaq dan Shodaqoh (UPZIS) DPD Wahdah Islamiyah Palu adalah unit yang bertanggung jawab dalam pengumpulan, penyaluran dan pengelolaan zakat, infaq dan sedekah yang dipercayakan masyarakat pengumpulan, penyaluran dan pemanfaatannya melalui lembaga ini. Sejak dibentuk, unit telah bekerja dengan baik dalam tugasnya sehingga telah mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari sebagian masyarakat di Kota Palu.

Pada Ramadhan tahun ini, UPZIS yang telah dilebur dalam Departemen Ekonomi, telah menerima hasil zakat mal sebesar Rp. 56.705.000,- dan dana infaq sedekah sebesar Rp. 29.995.000,-. Total keseluruhan dana yang terkumpul dari program ini adalah sebesar Rp. 86.700.000,-.

2013.8.7-bagi2-zakat-fitriUnit Pengumpul Zakat, Infaq dan Shodaqoh untuk saat ini dikelola secara terpadu oleh Departemen Ekonomi dan UPZIS DPD Wahdah Islamiyah Palu untuk 3 wilayah kerja lembaga, yaitu DPD Wahdah Islamiyah Palu, DPD Wahdah Islamiyah Sigi dan DPW Wahdah Islamiyah Sulawesi Tengah. Dana yang terkumpul kemudian dibagi kepada masing-masing wilayah/daerah untuk disalurkan kepada mustahiqnya (yaitu dana yang berupa zakat mal) dan dimanfaatkan dalam kepentingan dakwah (yaitu dana yang terkumpul dari infaq dan sedekah).

Pertanggungjawaban dari keseluruhan pengelolaan, penyaluran dan penggunaan dana tersebut akan dilaporkan kepada para muhsinin (donatur) dalam lampiran surat permohonan zakat, Infaq dan sedekah yang akan diedarkan pada bulan Ramadhan tahun berikutnya. Adapun laporan sementara penggunaan dana infaq dan penyaluran zakat mal, bisa didapatkan dan ditanyakan di kantor pengurus wilayah atau daerah masing-masing.

Terakhir, kami atas nama keluarga besar Wahdah Islamiyah Kota Palu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besar atas kepercayaan yang diberikan. Semoga kami mampu memikul dan menjalankan amanah ini dengan baik. Jazakumullahu khairan.

 
Pengumpulan dan Penyaluran Zakat, Infaq dan Sedekah

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power