Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah

 

Bismillah. Salawat dan salam kepada Muhammad, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

ruq1

Alhamdulillah, pada hari Ahad, 23 Februari 2014, Depsoshumas DPD Wahdah Islamiyah Palu telah menyelenggarakan Pelatihan Ruqyah Syar’iyyah. Kegiatan in dilaksanakan di Masjid Al Khairiyyah yang berlokasi di Jalan Gunung Loli. Sebagai pemateri tunggal adalah ketua DPW Wahdah Islamiyah Sulawesi Tengah; Ustadz Ahmad Basirt, Lc, S.HI.

Kegiatan dimulai pada Pukul 09-40 Wita s.d 15.00 Wita. Dari target 30 orang, yang ikut pada pelatihan ini mencapai 33 orang. Baik dari kader wahdah islamiyah Palu dan masyarakat umum. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini, hal itu tampak pada keaktifan peserta dalam bertanya kepada pemateri terkait ruqyah.

Di antara hal-hal yang disampaikan oleh pemateri adalah tentang bagaimana ruqyah yang sesuai dengan syari’at. Seperti tidak dibenarkannya ruqyah jarak jauh. Sebagaimana yang terjadi di jaman Rasulullah, ketika salah seorang sahabat yang jauh tempatnya dari tempat tinggal Rasulullah meminta di ruqyah, maka Rasulullah mengatakan “panggil dia kemari”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak meruqyahnya jarak jauh.

Lebih jauh, pemateri menerangkan tentang gejala-gejala yang menimpa seseorang ketika di ganggu jin. Seperti bermimpi dengan mimpi yang mengerikan. Menjerit ketika tidur, menggigit giginya ketika tidur hingga berbunyi, berjalan ketika tidur, bermimpi jatuh dari tempat yang tinggi, melihat bayangan jin ketika tidur.

Di saat tersadar, seseorang yang di ganggu jin akan merasa pening tanpa sebab. Merasa malas dalam keta’atan, seperti mengerjakan shalat wajib atau malas berinfak. Perasaan malas dan letih. Dan tanda-tanda lainnya.

Pada kesempatan ini juga, pemateri memperlihatkan contoh-contoh Buhul (alat-alat jimat) yang diperoleh dari seorang dukun yang telah bertaubat. Dan buhul-buhul tersebut telah dimusnahkan efek jampinya. Buhul-buhul tersebut berupa : mustika, keris, bambu, baju kekebalan, ikat pinggang, ikat kepala, kitab yang bertuliskan bahasa arab, cincin dan lain-lain.

 Buhul

Setelah pelatihan ruqyah syar’iyyah ini akan dibentuk Tim Ruqyah yang akan dipandu oleh Depsoshumas DPD Wahdah Islamiyah Palu. Sebagai solusi dalam mengatasi berbagai masalah kerasukan jin dan gangguan sihir yang melanda umat, khususnya di Kota Palu.

Ke depan Depsoshumas Insya Allah, kembali akan menggelar pelatihan mengatasi gangguan sihir. Untuk informasi akan hal ini silahkan mengunjungi Sekretariat DPD Wahdah Islamiyah Palu, Jl. Hang Tuah, Lr. Bukit Shafa (pertigaan Jl. Macan – Jl. Hang Tuah), Blok C.

 
 
 

30 Comments

  1. hari susanto says:

    apakah ada nomor yang bisa dihubungi jika ada keluarga atau teman yg kerasukkan atau butuh di ruqyah ????

  2. ana says:

    Ass. Sya mau tanya tempat klinik ruqyah nya ada di daerah palu?? Klo ada mnta alamat klinik ruqyah nya. Bisaa??

    • admin says:

      wa’alaikumussalam warahmatullah,,, tdk ada klinik khusus utk ruqyah, karena sebenarnya tiap org bs meruqyah. tp kl butuh bantuan, kami berikan nomornya spy bs dbantu. kami hny perlu tahu yg bertny laki2 atau wanita.

  3. Aries says:

    Assalamualaikum, pak ustad tolong share nomor dan tempat ruqyah di kota Palu, kebetulan tempat saya jauh dari kota, saya tinggal di pantai barat..

    • admin says:

      wa’alaikumussalam warahmatullah,,, utk meruqyah harus disepakati dulu. mohon hubungi terlebih dahulu no. 081388322350 atas nama Ust. Abu Ridho, minta kesediaan dan waktu beliau utk bisa meruqyah Saudara.

  4. Aries says:

    Terima kasih atas informasinya…

  5. indah kurniawaty says:

    Assalamualaikum Ustadz,,
    Dulu kurang lebih setahun yg lalu, saya sering mengalami tanda2 tersebut sering mencium bau wangi sampe bau yang busuk pdhal sumbernya tdk kelihatan, sering mimpi buruk atau ketindihan, bahkan pernah melihat sesuatu yg menurut sy itu adalah jin krn berdiri tepat dihadapan sy pd saat tidur, sering sakit malas braktifitas, malas melaksanakan ibadah. Sy sempat berobat dgn seorang ustadz dan benar bahwa katanya ada jin yg senang mengganggu, setelah diobati alhamdulillah gangguan dri makhluk tsb berangsur hilang. Tp sy ingin di ruqyah utk memastikan bahwa tdk ada jin dalam tubuh sy, perlu diketahui sy selalu senang beribadah tpi sangat sulit utk bisa khusuk. Apakah sy perlu di ruqyah ustadz ?

    • admin says:

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,, semoga Saudari slalu dlm kebaikan,, Kami tdk tau pengobatan sprt apa yg sdh dijalani Saudari melalui perantaraan ustadz yg Saudari sebutkan. Kl benar ada jin, tdk ada metode pengobatan selain ruqyah. Apa yg Saudari alami mmg sprt tanda2 gangguan jin. Saran kami Saudari mmg harus diruqyah. Tp sebelum meminta bantuan org, ada baiknya Saudari bs berusaha utk “mengobati” diri sendiri. Silahkan meruqyah diri sendiri dg ayat2 al-Quran atau doa2 ruqyah lainnya. Itu lbh afdhal dlm mslh ruqyah. Kemudian jgn lupa utk slalu mnjaga dan mmbentengi diri dg rutin mmbaca dzikir2 pagi petang, dzikir dlm amalan harian sprt dzikir tidur, masuk dan keluar rumah dll, dan jgn lupa jg utk selalu mmbaca al-Quran. Dg begitu insyaallah, Saudari sdh mmbantu diri sendiri dr gangguan jin. Setelahnya kl mmg blm ada perubahan, bs menghubungi saudari2 kami di Lembaga Muslimah utk bantuan ruqyah… Semoga dmudahkan. Berkah selalu.

  6. karni says:

    ass, sy karni dari sigi, z punya tetangga yg sdh z anggap org tw sendiri,,,beliau skit tp kt dokter tdk ad pexakitx,tp klw dirmh yg beliau ktakan it sering mual,uluhati skt,ketakutan klw liat org bxk atau pergi klwar rumh bru seratus mtr sj tkt,klw mw sholat terasa brat ap it gejala gangguan jin,,,?

    • admin says:

      Wa’alaikumussalam warahmatullah,,, Ya, sgt mungkin itu gejala gangguan jin. Coba Saudara bantu dg ruqyah. Niatkan utk ruqyah kemudian bacakan padanya surat al-fatihah, ayat kursi (albaqarah ayat 255), 2 ayat terakhir surat albaqarah, surat al-hasyr ayat 21-24, surat al-falaq dan surat al-ikhlas… bacakan sj dan liat bgmn reaksinya… Jgn takut kl ada reaksi, tetap dbacakan dg tenang.

  7. ugaa says:

    ass .
    ustadz kenapa saya selalu tidak pernah mendengar perkataan orangtua saya dan saya selalu merasa malas .mohon infonya,apa itu gangguan dari syetan ?

    • admin says:

      Wa’alaikumussalam warahmatullah… Gangguan jin bs dialami siapa saja. Tapi baiknya sebelum mengarahkan “kesalahan” itu kepada pihak lain, alangkah baiknya kalau kita harus koreksi diri sendiri dulu kemudian berusaha memperbaiki kesalahan2 tsb… Cobalah untuk komitmen berbakti kepada orang tua dan paksakan diri untuk selalu berbuat dan bekerja. Semangati diri dan lawan sikap pembangkangan serat rasa malas yang selalu menghantui diri Saudara… Bergaul dengan orang2 shalih, membaca kisah orang-orang shalih, menghadiri majelis ilmu adalah beberapa sarana untuk membantu saudara memperbaiki diri… Jangan lupa agar selalu berdoa kepada Allah memohon pertolongannya untuk ditunjuki kepada jalan-jalan kebaikan… Selamat mencoba.

      • Ardiansyah says:

        ass ustas
        zy dri pantai barat,sdh stu thun zy skit kpla rsax berat sekali bgtu jg d bgian pundak berat sperti di tindih
        slalu mngantuk malas beribadah n gmpang emosi,inti.y semua ciri” org yg mw d ruqyah zy liat dvinternet itu yg z alami skrg
        zy mrsa sngat mnderita tdk bsa ber aktivitas sperti org lain
        dan klo boleh tw brp kali org hrus d ruqyah ustas?

        • admin says:

          Bismillah
          Sebelumnya, kami tidak tahu harus membalas salamnya antum dengan apa. sebaiknya penulisan salam di panjangkan saja. karena di dalamnya ada do’a.

          Untuk masalah antum apakah sudah diperiksakan ke dokter. Maksud kami jika dari sisi medis tidak terdeteksi, bisa jadi itu karena gangguan jin.
          Adapun batasan berapa kali orang harus di ruqyah, setahu kami tidak ada batasan. Allahu a’lam.

  8. salma says:

    assalamualaikum, saya mau tanya untuk pengobatn rukiah bisa di lakukan sesuda solat magrib dan hari ini? karena perasaan sy skr sangat tidak tenang setelah beberapa hari ini suka mimpi aneh2 dan suka merasa ada yang hantui, jd sy penegn dirukiah seceptnya, mohon bantuannya admin

  9. era says:

    ass,saya dari berau kaltim
    ustadz ada saudara saya sakit didaerah pasangkayu,orang tua saya suruh sabar perbanyak zikir,tapi dia malah marah2 dan tidak mau melakukannya,dan suka teriak ga jelas dia malah menyiksa orang tua melarang tidur,saya ingin dia dirukiya,tempatnya dmna dipalu,terima kasih

  10. Mohammad Rivai says:

    Assalamu alaikum,,
    ustad, bisa kah meruqyah keluar kota ? karena orang tua saya ingin diruqyah disana beserta rumahnya.
    syukron.

  11. faisal says:

    assalamualaikum pak,
    sy faisal umur 18 tahun. pak sy punya masalah dengan tidur sy. sy susah tidur. dan entah kenapa pikiranku selalu memikirkan hal hal yg aneh aneh tentang islam. dan apabila ada suatu hal yg dilakukan, sy bingung apakah harus dilakukan atau tidak dan kalaupun sy lakukan perasaanku tdk tenang atau apabila sy tdk lakukan maka sama saja. kira kira apa yg harus sy lakukan pak ustad ?

  12. Mohammad farli says:

    Assalamualaikum wr wb..
    Sy berasal dari poso,, sy belum pernah merasakan di ruqyah.. sy jg kepingin tau apa ada gangguan jin ditubuhku ni krn sy pernah mencoba meruqyah diri sendiri tp tidak sanggup karena rasa muntah.. mungkin sy butuh bantuan yg bisa meruqyah seperti antum.. jika berkenan sy bisa datang ke palu untuk mencoba diruqyah.

    • admin says:

      Wa ‘alaikumusalaam warahmatullahi wabarakatuh. Muntah merupakan gejala yang dialami ketika diruqyah. Sebaiknya dimuntahkan saja. Karena terkadang dalam banyak kasus, Jin keluar lewat muntahan. Allahu a’lam. Di Poso pun kami rasa banyak asatidzah yang bisa meruqyah. Kami sarankan untuk menghubungi mereka saja. Barakallaahu fiik.

  13. Nerman says:

    Aslalam mualaikum
    pak ustat. sebelum nya saya mau tanyak tanyak . Masalah rukiaah. Ciri ciri orang yang menalami ganguan jin itu gimana pak ustat. Apa kah sering menguap setiap mendengarkan ayat ayat suci AL QURAN. !?
    mohon penjelasan nya terima kasih.

  14. Nerman says:

    Asalam mualaykum.
    Pak. saya mau tanya tanya nih. Ciri ciri orang yang mengalami ganguan jin itu gimana. Apakah selalu menguap saat mendengar ayat ayat al QURAN terimakasi.!? Mohon penjelasan nya.!

    • admin says:

      Wa ‘alaikumussalaam. Menguap tidak termasuk dari ciri-ciri kerasukan jin. Mereka yang kerasukan Jin tidak senang mendengar adzan atau ayat al_qur’an dibacakan. Malas beribadah atau jauh dari keta’atan. Sering mengalami mimpi-mimpi yang seram, mimpi berada di tempat gelap atau di kuburan. Mimpi berbagai macam hewan seperti anjing, ular, onta, dll. Mimpi jatuh dari tempat yang tinggi. Allahu a’lam.

  15. achmad mahmud says:

    Assalamu alaikum pak… dari komentar di atas sya melihat anda menyarankan meruqyah diri sendiri terlebih dahulu bila sedang mengalami gangguan jin… Bisakah bapak menerankan sedikit cara meruqyah diri sendiri atau setidaknya menerangkan ayat apa sja yg perlu saya baca… agar tidak salah dalam pelaksanaannya… terimakasih pak…

    • admin says:

      Wa ‘alaikumusalaam. Kegiatan meruqyah sejatinya memang dilakukan secara mandiri. Dan Rasulullah pun sudah mengajarkan agar kita berlindung dari gangguan Jin. Keseluruhan ayat dalam al-Qur’an bisa digunakan untuk meruqyah. Ayat-ayat yang umum dibaca seperti Ayatul Kursi, Surah al-Ikhlash, Surah al-Falaq, Surah an-Naas, 2 ayat terakhir dari Surah al-Baqarah.
      Allahu a’lam.

  16. agung says:

    assalamu alaikum pak mau tnya bs tau no hpx yg bs ruqiah ?

  17. Chitra says:

    Assalamualaikum. Ustad, maaf sebelumnya. Saya mau tanya ustad, akhir2 ini, sya sering mimpi seperti d lilit ular, melihat orang2 yang telah meninggal. Dan selepas shalat dzuhur, sya coba meruqyah diri sendiri, reaksinya itu seperti muntah dan keringat dingin. Apakah sya terkena gangguan jin ustad? Untuk meruqyah itu, apakh ada batasan wktunya, mksdnya berapa kali kita harus meruqyah diri sendiri. Mohon penjelasannya ustaf. Syukron

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power