Home / Adab /

Pakaian Berwarna Putih untuk Laki-laki

 

Termasuk perkara yang dianjurkan bagi laki-laki dalam masalah pakaian adalah pakaian yang berwarna putih. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

البسوا من ثيابكم البياض فإنها أطهر وأطيب وكفنوا فيها موتاكم

Pakailah dari pakaian-pakaianmu yang berwarna putih, karena pakaian putih itu lebih bersih dan baik. Dan kafankan orang-orang mati kalian dengannya.” (HR. Ahmad, an-Nasa’i dan Ibnu Majah)

Beliau menyebutnya “lebih bersih” karena jika ada kotoran yang melekat padanya walaupun sedikit, maka hal itu akan sangat nampak dan akan segera dicuci, terutama jika kotoran itu berbentuk najis.

jubah_gamis_pria

Perintah beliau dalam hadits tersebut bukanlah perkara wajib. Tidak mengapa mengenakan pakaian yang selain warna putih. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun mengenakan pakaian-pakaian yang berwarna lain.

Dari al-Bara’ radhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memiliki postur tubuh yang sedang. Sungguh aku telah melihatnya mengenakan jubah merah. Aku tidak pernah melihat sesuatu yang lebih bagus darinya.” (HR. Al-Bukhary)

Dari Qatadah ia berkata : Kami bertanya kepada Anas, “Kain apa yang lebih disukai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?” Anas berkata, “Kain al-hibarah.” (HR. Al-Bukhary dan Muslim)

Kain al-hibarah adalah sejenis jubah Yaman yang terbuat dari katun dan bercorak.

Dan dari Abu Ramtsah, ia berkata, “Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkhutbah, dan beliau memakai dua kain berwarna hijau.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi dan an-Nasa’i)

 
Pakaian Berwarna Putih untuk Laki-laki

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power