Membaca Doa sebelum Salam

 

Assalamualaikum wr.wb

Apakah ada Doa yang dipanjatkan pada takhiyat akhir setelah shalawat sebelum salam? bagaimana doanya yang seperti yang dicontohkan Nabi SAW?

Terima kasih atas jawabannya.

Dari: Hari Susanto di Palu. (puebongo.45@xxxxx.com)

Jawab :

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.

Termasuk perkara sunnah dalam shalat adalah berdoa setelah membaca doa tasyahhud dan sebelum salam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إذا قعدتم فى كل ركعتين فقولوا: التحيات لله والصلوات والطيبات، السلام عليك أيها النبيّ ورحمة الله وبركاته، السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين،أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله، ثم ليتخيّر أحدكم من الدعاء أعجبه إليه فليدع ربه عزّ وجلّ

“Jika kamu duduk pada setiap dua rakaat, ucapkanlah : attâhiyyâtu li_llâhi… (Segala penghormatan, shalawat dan kebaikan-kebaikan untuk Allah semata. Keselamatan atasmu wahai Nabi, rahmat Allah dan keberkahanNya. Keselamatan atas kami dan atas seluruh hamba-hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tiada ilâh (yang hak) kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya). Kemudian hendaknya salah seorang dari kamu memilih doa yang dia sukai, dan berdoa kepada Rabb-nya ‘azza wa jalla.”

Diantara doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sebagai berikut,

اللهُمَّ إِنِّي أعُوذُ بِكَ مِن عَذَابِ القبْرِ ومِن عَذَابِ جَهَنَّمَ ومِن فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ ومِنْ فِتْنَةِ المَسِيْحِ الدَّجَّالِ

“Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari siksa kubur, dari siksa Neraka Jahannam, dari fitnah hidup dan mati, dan dari keburukan fitnah al-Masih ad-Dajjal.” (HR. Al-Bukhary dan Muslim).

اللهمَّ إنِّي ظَلَمْتُ نفْسِي ظُلْمًا كَثِيْرًا ولا يَغْفِرُ الذُنُوْبَ إلا أنْتَ، فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي، إنَّكَ أنْتَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku telah banyak menganiaya diriku, dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau. Ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu dan sayangilah aku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (HR. Al-Bukhary dan Muslim)

اللهمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وما أخَّرْتُ، وما أعْلَنْتُ وما أسْرَرْتُ، وما أنْتَ أعْلَمُ بِهِ مِنَّي، أنْتَ المُقَدِّمُ وَانْتَ المُؤَخِّرُ، لا إلهَ إلا أنْتَ

“Ya Allah, ampunilah aku atas (dosa) yang telah aku lewatkan dan aku akhirkan, yang aku rahasiakan dan aku nampakkan, dan yang aku lakukan secara berlebihan, serta apa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada diriku. Engkau yang mendahulukan dan Engkau pula yang mengakhirkan. Tiada ilâh selain Engkau.” (HR. Muslim)

اللهمَّ أعِنِّي عَلىَ ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وحُسْنِ عِبَادَتِكَرِ

“Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu menyebut-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan baik kepada-Mu.” (HR. Abu Dawud dan an-Nasa’i).

اللهُمَّ إنِّي أسْأَلُكَ الجَنَّةَ وَأعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu Surga dan aku berlindung kepada-Mu dari Neraka.” (HR. Abu Dawud).

اللهمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنَ البُخْلِ وأعُوْذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أُرَدَّ إلىَ أرْذَلِ العُمْرِ، وأعُوذُ بِكَ مِن فِتْنَةِ الدُنْيَا وَعَذَابِ القَبْرِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat bakhil, berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut, berlindung kepada-Mu dari dikembalikan kepada usia yang terhina, dan berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan siksa kubur.” (HR. Al-Bukhary)

34eid0930Dan lain-lain dari doa-doa yang disyari’atkan.

Kami sarankan Saudara untuk merujuk ke buku Doa dan Dzikir dalam Al-Quran dan Sunnah yang ditulis oleh Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani.

Doa ini hukumnya sunnah. Boleh memilih doa yang disukai atau yang mudah dari doa-doa tersebut. Disamping itu, seorang muslim berdoa dengan doa apa saja yang disukainya atau dibutuhkannya.

Wa bi_Llâhi at-taufîq.

 
Membaca Doa sebelum Salam

Share this Post

 

Related Posts

 
 

2 Comments

  1. hari says:

    bolehkah doa dengan menggunakan bahasa indonesia ketika sholat (dalam sujud/takhiyat akhir) ???

    syukron wa jazakumullah khairaan atas jawabannya

    • admin says:

      Wallahu a’lam, ada sedikit perselisihan ulama ttg masalah berdoa dalam shalat dg selain bahasa Arab. Sebisa mungkin dcari doa2 berbahasa Arab. Kl tdk bs bahasa Arab, silahkan sj dg bahasa yg dipahami jk dbutuhkan berdoa dgnnya.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power