Home / Akhlak /

Larilah dari Ghibah sebagaimana Engkau Lari dari Singa

 

Manusia akan senantiasa memiliki aib, cela, kekeliruan dan kekurangan. Maka jangan sekali-kali Anda menyangka telah mengetahui apa yang tidak diketahui oleh selainmu. Atau Anda telah mendapatkan apa yang tidak bisa didapatkan oleh orang lain. Orang yang mendapat petunjuk adalah orang yang senantiasa sibuk dengan aibnya sendiri dari melihat kepada aib-aib orang lain.

Orang yang melakukan ghibah telah merusak agamanya. Dan menjauhi ghibah adalah jalan keselamatan. Berkata Abdullah bin al-Mubarak, “Larilah engkau dari ghibah sebagaimana engkau lari dari singa.”

Ghibah juga akan mendatangkan keburukan. Dan anehnya, seseorang seringnya tidak mengghibah orang lain kecuali orang yang lebih baik dari dirinya.

Diantara konsekuensi dari dosa ghibah bahwa kebaikan-kebaikanmu akan diberikan kepada orang yang engkau ghibahi. Ghibah adalah api yang membakar kebaikan-kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar.

الشعار

Dikarenakan ghibah itu bisa mengeraskan hati dan mengotori lisan, maka para ulama sangat mengkhawatirkan ghibah itu terhadap diri-diri mereka. Berkata Imam Al-Bukhary rahimahullahu, “Saya tidak pernah mengghibah seorang pun semenjak saya tahu bahwa ghibah itu haram.”

Maka jagalah lisanmu dari mencela kehormatan manusia dan jagalah dia dari ucapan-ucapan rendahan. Semoga Allah mengampuni.

(Disadur dari kitab Khuthuwât ilâ as-Sa’âdah)

 
Larilah dari Ghibah sebagaimana Engkau Lari dari Singa

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power