Keumuman Lafaz dan Kekhususan Sebab

 

Jika sebuah ayat turun dengan sebab tertentu dan lafaz/redaksinya berbentuk umum, maka hukumnya berlaku umum untuk sebab itu dan segala yang tercakup oleh redaksi ayat tersebut. Karena al-Quran turun sebagai syari’at umum untuk seluruh umat, maka yang menjadi patokan adalah keumuman redaksinya, bukan kekhususan sebabnya.

Contohnya adalah ayat-ayat li’ân,

وَالَّذِينَ يَرْمُونَ أَزْوَاجَهُمْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُمْ شُهَدَاءُ إِلَّا أَنْفُسُهُمْ

Dan orang-orang yang menuduh istrinya (berzina), padahal mereka tidak mempunyai saksi-saksi selain diri mereka sendiri.”; sampai pada firmanNya,

وَلَوْلاَ فَضْلُ اللهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ وَأنَّ اللهَ تَوَّابٌ حَكِيْمٌ

Dan andaikan tidak ada karunia Allah dan rahmatNya atas dirimu dan (andaikata) Allah bukan peneriman taubat lagi Maha Bijaksana, (niscaya kamu akan mengalami kesulitan-kesulitan).” (QS. An-Nur ayat 6-10)

Ayat-ayat ini turun dengan sebab tuduhan Hilal bin Umayyah terhadap istrinya. Akan tetapi, hukumnya berlaku untuk semua orang dalam kasus yang sama dengan dalil hadits Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa ‘Uwaimir al-Ajlani datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, seorang laki-laki mendapatkan istrinya bersama laki-laki yang lain, apakah dia membunuh laki-laki itu hingga akhirnya mereka membunuhnya, atau bagaimana dia harus bersikap?”

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

قد أنزل الله القرآن فيك وفي صاحبتك

“Sungguh, Allah telah menurunkan (ayat) al-Quran tentang urusanmu ini dan urusan istrimu.”

Dan beliau memerintahkan keduanya untuk saling melaknat sebagaimana yang Allah sebutkan dalam Kitab-Nya, dan ia pun melaknat istrinya. (HR. al-Bukhary dalam ash-Shahîh)

Dalam kasus ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah menjadikan hukum ayat-ayat tersebut berlaku umum untuk Hilal bin Umayyah dan yang selainnya.

SAUDI ATTACKS MOOD

(Ad-Durr ats-Tsamîn min Syarh Ushûl at-Tafsîr li_bni ‘Utsaimîn)

 
Keumuman Lafaz dan Kekhususan Sebab

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power