I’jâz al Qur-ân

 

Yang dimaksud dengan i’jâz al Qur-ân adalah kelemahan manusia untuk mendatangkan perkataan yang serupa dengan al-Quran, yang memiliki keistimewaan dari beberapa sisi kehebatannya.

Al-Quran telah menantang manusia, dan tantangan itu datang dalam beberapa fase. Al-Quran memulainya dengan tantangan bagi manusia untuk mendatangkan sesuatu yang sama seperti al-Quran hingga tantangan bagi mereka untuk mendatangkan satu surat yang sepertinya. Ketika manusia tidak mampu melakukannya, maka al-Quran pun memberitahukan ketidakmampuan mereka secara mutlak dalam perkara ini dengan firman Allah Ta’ala,

قُلْ لَئِنِ اجْتَمَعَتِ الإنْسُ وَالجِنُّ عَلىَ أنْ يَأْتُوا بِمِثْلِ هَذَا القُرْآنِ لاَ يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيْرًا

Katakanlah : Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa al-Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain.” (QS. Al-Isra’ ayat 88)

cosmic-smoke-miracle

Para ulama telah berusaha keras untuk mengeluarkan beberapa bentuk i’jâz qur-ânî, dan nampaklah bagi mereka beberapa bentuknya, diantaranya :

1. I’jâz lughawî (bahasa). Inilah perkara yang paling banyak ditekankan oleh para ulama terdahulu, yaitu keistimewaan bangsa Arab dalam kefasihan lisan dan bahasa mereka.

2. I’jâz tasyrî’î (pensyari’atan), dimana al-Quran telah mengatur berbagai macam sistem, hukum-hukum syar’i dan adab-adab yang sempurna, yang tidak pernah mampu dilakukan oleh lembaga atau organisasi manapun di alam ini.

3. I’jâz ghaibî, yaitu perkara-perkara ghaib di masa lalu yang banyak tidak diketahui oleh para ilmuwan dan diungkapkan oleh al-Quran, dan begitu pula perkara-perkara ghaib yang bakal terjadi di masa akan datang.

4. I’jâz ‘ilmî, dan inilah yang banyak dikaji oleh para ilmuwan modern dalam penjelasan al-Quran tentang fenomena-fenomena alam yang tidak pernah terungkap kecuali di zaman modern saat ini.

 
I’jâz al Qur-ân

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power