Hukum Penerjemahan Al-Quran

 

Terjemah al-Quran secara harfiah adalah perkara yang mustahil menurut sebagian besar ulama, karena disyaratkan padanya beberapa syarat yang tidak mungkin diwujudkan dalam terjemahan tersebut, seperti adanya beberapa kosa kata dalam bahasa terjemahan yang harus menyerupai huruf-huruf dalam bahasa Arab yang merupakan bahasa al-Quran.

Karenanya, sebagian ulama mengatakan bahwa penerjemahan al-Quran mungkin saja dilakukan dalam beberapa ayat atau yang semacamnya, tapi hal itu mustahil bisa mewujudkan terjemahan makna yang sempurna yang mampu memberikan pengaruh bagi jiwa-jiwa manusia sebagaimana yang ada dalam bahasa aslinya.

quran3Adapun terjemah secara maknawi dibolehkan, karena tidak ada larangan dalam perkara tersebut, bahkan terkadang wajib hukumnya ketika hal itu menjadi sarana dalam menyampaikan al-Quran dan Islam kepada orang-orang yang tidak berbahasa Arab. Menyampaikan ajaran Islam dan al-Quran hukumnya wajib, dan apa yang tidak mungkin terwujud kewajiban itu kecuali dengannya, maka hukum sarana itu juga menjadi wajib.

Akan tetapi, syarat pembolehan itu dengan beberapa ketentuan sebagai berikut :

1. Tidak dijadikan sebagai fungsi pengganti dari al-Quran yang membuat orang merasa cukup dengan hal itu tanpa al-Qurannya. Karenanya, ayat-ayat al-Quran harus dituliskan dalam bahasa Arab dan diberikan terjemahan di sampingnya yang fungsinya semacam tafsiran bagi ayat tersebut.

2. Orang yang menerjemahkan memahami dengan baik gramatika kedua bahasa, bahasa Arab dan bahasa terjemahannya, dan memahami segala konsekuensi dari redaksi ayat dan terjemahannya

3. Orang yang menerjemahkan memiliki ilmu dan pemahaman tentang lafaz-lafaz syar’i dalam al-Quran, dan tidak mungkin diterima terjemahan al-Quran kecuali dari orang yang terpercaya dalam perkara tersebut, yaitu dari seorang muslim yang istiqamah diatas agamanya.

(dengan ringkas dari Ad-Durr ats-Tsamîn min Syarh Ushûl at-Tafsîr li_bni ‘Utsaimîn)

 
Hukum Penerjemahan Al-Quran

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power