Hukum Mengadopsi Anak Orang Kafir

 

Bolehkah keluarga muslim mengadopsi seorang anak dari dua orang tua yang non muslim?

Diana Khairunnisa – Jakarta (diana.khair@xxxx.com)

 

Jawab :

whitecradlemultiSaudari yang kami hormati.

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi kami.

Adopsi anak dalam bentuk menjadikan anak orang lain seperti anak kita dalam nasab (garis keturunan) dan warisan adalah haram menurut Syari’at Islam. Tidak dibenarkan bagi seorang muslim mengambil anak yang bukan anak kandungnya kemudian menisbatkan anak itu kepada dirinya dan menjadikannya sebagai ahli warisnya layaknya anak kandung. Tidak boleh seseorang menisbatkan diri kepada selain ayah kandungnya dalam nasab. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا جَعَلَ أدْعِيَاءَكُم أبْنَاءَكُم ذَلِكُم قَوْلُكُم بِأفْوَاهِكُم

Dan Dia tidak menjadikan anak-anak angkatmu sebagai anak kandungmu (sendiri). Yang demikian itu hanyalah perkataanmu di mulutmu saja.” (QS. Al-Ahzab ayat 4)

Dan Allah berfirman di ayat berikutnya,

أُدْعُوهُم لِآبَائِهِم هُوَ أقْسَطُ عِنْدَ اللهِ فَإنْ لَمْ تَعْلَمُوا آبَاءَهُم فَإخْوَانَكُم في الدِيْنِ وَمَوَالِيْكُم

Panggillah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka, itulah yang lebih adil pada sisi Allah. Dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggillah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu (yaitu hamba sahaya yang sudah dimerdekakan).” (QS. Al-Ahzab ayat 5)

Akan tetapi, seorang muslim boleh mengasuh seorang anak yang bukan anaknya, termasuk anak dari orang tua yang kafir. Terlebih dengan mengasuh anak dari orang tua  yang kafir tersebut, pengasuhnya akan mendapatkan ganjaran pahala karena telah menyelamatkannya dari kesesatan agama kedua orang tuanya dengan pengasuhan tersebut. Wallahu a’lam.

 
Hukum Mengadopsi Anak Orang Kafir

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power