Home / Akhlak /

Ghibah dengan Hati

 

Yang umum dikenali, ghibah adalah menggunjing orang lain dalam perkara yang tidak disukai, dan itu dilakukan dengan lisan. Ternyata, ghibah pun bisa terjadi dengan hati. Dan bentuknya adalah berburuk sangka (sû’ adhz-dhzann) terhadap kaum muslimin.

7393.imgcachePrasangka adalah perkara yang cenderung kepadanya hati dan jiwa. Maka tidak sepantasnya engkau berprasangka buruk terhadap seorang muslim. Kecuali jika tersingkap darinya satu urusan yang tidak mengandung penafsiran lain, yang dikabarkan kepadamu oleh seorang yang adil, dan hatimu cenderung untuk membenarkan berita orang yang adil tersebut, maka saat itu engkau memiliki udzur. Karena jika engkau mendustakannya, maka engkau telah berburuk sangka terhadap pemberi kabar, dan tidak selayaknya berbaik sangka kepada satu pihak dan berburuk sangka pada pihak lainnya. Selayaknya engkau mencari tahu; apakah ada permusuhan dan kedengkian antara keduanya? Maka saat itulah tuduhan jatuh dengan sebab tersebut.

Kapan saja terlintas dalam benakmu prasangka buruk terhadap seorang muslim, selayaknya engkau semakin semangat untuk menjaga kehormatannya dan mendoakan kebaikan untuknya. Karena yang demikian itu akan membuat iri syaitan dan menjauhkannya dari dirimu. Dia tidak akan mampu mencampakkan prasangka itu dalam hatimu karena kesibukanmu dengan doa dan semangatmu untuk menjaga kehormatan saudara.

Jika terbukti ada kekeliruan yang datang dari seorang muslim, nasehatilah dia secara diam-diam.

Ketahuilah bahwa diantara buah dari prasangka buruk ada “memata-matai” (tajassus). Karena hati tidak akan merasa cukup dengan sekedar prasangka, bahkan dia akan menuntut pencarian sehingga sibuklah dia dengan memata-matai. Yang demikian ini sangat terlarang, karena akan mengantar pada rusaknya “tirai” yang menutupi seorang muslim.

Sumber : Mukhtashar Minhâj al Qâshidîn, Imam Ibnu Qudamah al-Maqdisi rahimahullahu

 
Ghibah dengan Hati

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power