Dakwah Salafiyyah Mempersatukan Umat, Tidak Memecah-belah

 

Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidzhahullahu ditanya :

Telah tersebar –alhamdulillah– seruan kepada manhaj Salaf dan berpegang teguh dengannya. Akan tetapi ada orang yang mengatakan bahwa dakwah ini tidak lain hanya akan memecah-belah barisan (kaum muslimin) dan menghancurkannya, menjadikan sebagian mereka memerangi sebagian yang lain. Sehingga akhirnya mereka sibuk dengan urusan mereka sendiri dan meninggalkan musuh mereka yang sebenarnya. Apakah ini benar dan apa nasehat Syaikh?

Jawab :

Ini adalah pemutarbalikan hakekat (yang sebenarnya), karena berdakwah kepada tauhid dan manhaj as-Salaf ash-Shalih itulah yang mampu menyatukan kalimat dan menyatukan barisan sebagaimana firman Allah Ta’ala,

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا

“Dan berpegang teguhlah dengan tali Allah secara keseluruhan, dan jangan kalian berpecah-belah.” (QS. Alu Imran ayat 103).

Dan firman-Nya,

إِنَّ هَٰذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاعْبُدُونِ

“Sesungguhnya ini adadalah agama kamu semua, agama yang satu dan Aku adalah Rabbmu, maka beribadahlah hanya kepadaKu.” (QS.Al-Anbiya’ ayat 92).

Maka tidak mungkin kaum muslimin bisa bersatu kecuali di atas kalimat tauhid dan manhaj para Salaf, karena apabila mereka dibolehkan memilih manhaj-manhaj yang menyelisihi manhaj Salaf maka mereka akan bercerai berai dan berselisih, sebagaimana realita yang ada.

Siapa yang menyeru kepada tauhid dan manhaj Salaf, itulah orang yang menyeru kepada persatuan. Sedangkan orang yang menyeru untuk menyelisihi manhaj Salaf ,maka dialah yang menyeru kepada perpecahan dan perselisihan.

Apabila kaum muslimin berada di atas tauhid dan manhaj Salaf, maka mereka berdiri di hadapan musuh dalam satu barisan. Dan apabila mereka berpecah-belah dalam berbagai manhaj maka mereka tidak akan mampu menghadapi musuh mereka.

kabah4

(Al Ajwibah Al Mufîdah ‘An As-ilah Al Manâhij Al Jadîdah)

 
 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power