Bid’ah Perayaan Masa yang Tidak Diagungkan Syari’at

 

Diantara bentuk bid’ah adalah perayaan-perayaan bid’ah yang diselenggarakan oleh sebagian kaum muslimin pada waktu-waktu tertentu, walaupun sebenarnya tidak ada dalil shahih yang menunjukkan pensyari’atan perkara-perkara tersebut.

Diantara bentuk perayaan itu adalah perayaan suatu hari tertentu yang memang tidak ada asalnya atau sumbernya dalam syari’at, dan tidak juga ada kejadian besar/penting yang pernah terjadi pada hari tersebut.

Contohnya adalah hari Kamis pertama di bulan Rajab dan malam Jumat setelahnya.

Hari dan malam tersebut dimuliakan oleh sebagian kaum muslimin dengan berpuasa pada hari Kamisnya dan qiyamullail pada malam Jumatnya. Mereka juga melaksanakan shalat yang disebut “shalat Ragha’ib”.

Semua itu tidak ada dalilnya dan merupakan bid’ah yang diharamkan.

ragbShalat Ragha’ib tersebut baru muncul pada abad ke 5 Hijri. Sebagian orang telah membuat hadits tentang keutamaannya, sementara para ulama sepakat tentang kepalsuan hadits-hadits itu.

Terdapat juga hadits-hadits tentang keutamaan berpuasa pada sebagian hari di bulan Rajab dan keutamaan shalat pada sebagian malamnya. Semuanya adalah hadits-hadits dha’if yang palsu.

Berkata al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani asy-Syafi’i rahimahullahu, “Tidak terdapat hadits shahih yang pantas dijadikan argumen tentang keutamaan bulan Rajab, tidak tentang puasa pada sebagiannya dan tidak juga tentang qiyam pada malam tertentu padanya.” (Tabyîn al ‘Ajab fî mâ Warada fi Syahri Rajab, hal. 23).

Telah dinukil dari sebagian shahabat tentang larangan atau ketidaksukaan mereka terhadap perbuatan sebagian orang yang mengagungkan bulan Rajab dengan melakukan puasa dan yang semacamnya. Dinukil pula dari sebagian shahabat bahwa pengagungan terhadap bulan Rajab adalah termasuk perbuatan orang-orang Jahiliyyah.

Wallahu a’lam.

 
Bid’ah Perayaan Masa yang Tidak Diagungkan Syari’at

Share this Post

 

Related Posts

 
 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

 
 

Leave a Comment

 




 
 

 
 
 
knowledge is power